Senin, 16 Februari 2009

Pelacakan Alumni

Berbagai upaya telah dilakukan guna mempermudah proses pelacakan alumni, baik pelacakan dilakukan di tingkat Universitas, Fakultas dan Program Studi. Di tingkat Universitas upaya pelacakan dilakukan dengan media buku kelulusan. Pada saat wisuda, para wisudawan akan menerima buku lulusan. Di halaman akhir buku tersebut, terdapat halaman yang berisi biodata lulusan, yang diharapkan diisi setelah lulusan tersebut bekerja dan dikirim kembali ke universitas. Namun keberhasilan metode pelacakan ini sangat tergantung pada kesadaran alumni akan pentingnya informasi ini bagi pengembangan almamaternya.

Salah satu upaya pelacakan di tingkat Fakultas dilakukan melalui kegiatan Temu Alumni yang dilaksanakan pada 14 Juli 2007, di Hotel Grand BallRoom Hotel Savoy Homan Bidakara Bandung dengan tema Membangun Kebersamaan dan Kemandirian Menuju Sukses. Selain itu tersedianya website www.alumniekonomi.com yang merupakan sarana bagi para alumni ekonomi unisba untuk berkomunikasi. Pada website ini para alumni dapat mengakses berbagai berita tentang fakultas ekonomi atau memasukkan biodata mereka.

Prodi ilmu ekonomi menggunakan website ini untuk melakukan studi pelacakan. Dari web site ini kami memperoleh informasi alamat email alumni, kemudian kami mengirimkan form umpan balik melalui email. Melalui website ini juga kami dapat memperoleh informasi mengenai dimana mereka bekerja. Informasi ini makin mempermudah Prodi Ilmu Ekonomi dalam melakukan studi pelacakan khususnya memperoleh umpan balik dari pengguna lulusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar