Senin, 16 Februari 2009

Memperkenalkan Lulusan ke Dunia Kerja

Berbagai upaya telah dilakukan Program Studi Ilmu Ekonomi untuk memperkenalkan lulusan ke dunia kerja, diantaranya mengikutsertakan mahasiswa pada berbagai penelitian yang dilakukan oleh dosen di Program studi ini. Kegiatan ini dilakukan mengingat salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan Program Studi Ilmu Ekonomi adalah menguasai dalam mengidentifikasi, menganalisis serta mendesain pola pengembangan potensi ekonomi daerah, menjadi fasilitator dan pembangunan ekonomi daerah dan mampu menganalisis karakteristik, perilaku dan kinerja pelaku usaha. Diharapkan dengan dilibatkannya mahasiswa semester akhir pada kegiatan penelitian maka melatih mahasiswa dalam analisis, kepekaan terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat serta melatih menyusun pola pemecahan dari masalah yang dihadapi daerah.

Upaya lain yang dilakukan Program Studi adalah dengan membawa mahasiswa melakukan kunjungan ke berbagai instansi pemerintah yang terkait langsung dengan kompetensi yang dimiliki lulusan. Instansi yang dimaksud adalah Badan Perencanaan Daerah, Bank Indonesia, lembaga-lembaga pemerintah serta kluster-kluster industri yang ada di Jawa Barat.

Selain itu juga dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan dan Prodi sering mengundang alumni untuk memberikan pencerahan serta motivasi bagi para mahasiswa. Khusus untuk mahasiswa baru misalnya pada kegiatan Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB). Pertemuan antara civitas akademika dan alumni juga secara rutin dilakukan oleh Prodi begitupun dalam lingkup yang lebih besar yaitu Fakultas Ekonomi. Pada tanggal 24 Mei 2007 dilakukan acara Silaturahmi Antara Civitas Akademika Ilmu Ekonomi dengan Alumni. Pada kegiatan ini para alumni banyak memberikan masukan bagi pengembangan Program Studi serta bagaimana mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja bagi mahasiswa di tingkat akhir.

Universitas Islam Bandung memiliki satu wadah yang menghubungkan antara lulusan Unisba dengan lapangan pekerjaan yaitu USCD (Unisba Student Career and Development). Wadah ini mengumpulkan informasi tertulis dari masyarakat pengguna dan membagikannya kepada calon lulusan unisba (bukti terlampir), yang biasanya dibagikan pada saat selesai sidang atau ditempel dipapan pengumuman fakultas. USCD juga secara periodik mengundang pengguna lulusan yang relevan untuk memberikan orientasi pada calon lulusan melalui kegiatan Career Day.

Sejak tahun 2004, USCD telah melakukan 4 kali kegiatan Career Days diantaranya pada bulan September 2004. Pada Career Days ini USCD mengundang HSBC, Citybank, AIG Lippo, Dana Reksa dan Greenfield. Kemudian juga pada bulan Oktober 2005, diadakan Career Champion dengan mengundang Astra Internasional dan Direxion Internasional. Career Days yang keempat dilakukan pada bulan Oktober 2007, dengan mengundang Danamon, Nissan, PT Nabati, Lippo Insurance, Yogya Departement Store, Bukopin, PT Adira dan PT Combipar. Yang teraksir diadakan Career Event dengan mengundang Trans TV, STV-Bandung, Astra Honda Motor, Nissan Motor, Astra Honda-Motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar