Selasa, 24 Maret 2009

Kegiatan-kegiatan Prodi IE Tahun 2008

"KEGIATAN PRODI ILMU EKONOMI PADA TAHUN 2008"

  1. Studi Lapangan (KKL) di Desa Situraja Utara Kabupaten Sumedang pada bulan Januari 2008, diikuti oleh 26 mahasiswa. Tujuan kegiatan ini memperkenalkan permasalahan pembangunan ekonomi lokal yang dihadapi oleh pemerintah Desa Situraja Utara Kabupaten Sumedang.
  2. Workshop Pengembangan Desa Pusat Pertumbuhan di Jawa Barat pada tangal 14 - 15 April 2008. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen Prodi IE. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Prodi dengan Bapeda Prov. Jabar. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman konsep desa pusat pertumbuhan.
  3. HIMA Prodi IE berhasil menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah I (LKTI I) dengan tema "Potensi Ekonomi Daerah di Jawa Barat", kerjasama dengan Pemerintah Prov. Jabar, KBI Bandung yang diikuti oleh 68 peserta siswa SMA (baik perorangan maupun kelompok) dari 19 Kab/Kota di Jawa Barat. Final LKTI ini dilakukan pada tanggal 10 April 2008 di Aula UNISBA diikuti oleh 10 finalis.
  4. HIMA IE dan Prodi mengadakan silaturahmi dan dialog mahasiswa - dosen pada tanggal 24 Mei 2008 di Lembang.
  5. Secara rutin, sampai saat ini , Program Studi Ilmu Ekonomi mengadakan Kajian Rutin Masalah Ekonomi dengan penyaji dari kalangan dosen secara bergilir, dan kadang-kadang penyaji didatangkan dari luar Prodi, sesuai dengan kebutuhan.
  6. Prodi IE bekerjasama dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran Ekonomi SMA melaksanakan Penyusunan Program Pelaksanaan KTSP Guru-Guru Ekonomi Kota Bandung tanggal 26 Juli 2008, diikuti 137 peserta dari SMA negeri dan swasta yang ada di kota Bandung. Acara ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan meningkatkan komunikasi antara pendidik guru dan dosen di bidang ekonomi.
  7. Dalam rangka peningkatan kualitas belajar mengajar, Prodi IE mengadakan evaluasi SAP dan pengembangan RPP selama 1 bulan yakni 15 Juli - 15 Agustus 2008. Output dari keigatan ini adanya SAP dan RPP untuk tiap mata kuliah, yang alhamdulillah sudah dapat diakses melalui blog ie (ie-unisba.blogspot.com)
  8. Prodi IE bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung mengadakan pesantren sehari bagi guru-guru ekonomi kota Bandung pada tanggal 9 Agustus 2008. Kegiatan ini diikuti oleh 32 guru dalam rangka meningkatkan kapasitas pendidik guru SMU.
  9. Dalam rangka meningkatkan komunikasi dengan para guru ekonomi di SMA dan menjaring informasi keterkaitan kurikulum ekonomi antara tingkat SMA dan PT, diadakan buka bersama antara dosen IE dengan MGMP Ekonomi Kota Bandung pada tanggal 18 September 2008.
  10. Tanggal 16 Oktober 2008, terkait dengan Hari Pangan Sedunia, Prodi IE mengadakan Kuliah Umum dengan tema "Kebijakan ketahanan pangan di Jawa Barat". Tujuan kegiatan ini untuk menginformasikan bagaimana kondisi ketahanan pangan di Jawa Barat, seperti apa rancangan kebijakan penanganannya. Dihadiri oleh 39 orang mahasiswa dan 11 orang dosen. Acara dialjutkan dengan dialog struktural dan mahasiswa.
  11. Mulai 14 Oktober 2008, kami rutin mengadakan pertemuan untuk persiapan akreditasi.
  12. 18 Oktober 2008, diadakan Temu Alumni di Vila Litbang Deptan Desa Sarongge Kecamatan Pacet Kab. Cianjur. Temu alumni yang digelar pertama kali ini sejak Prodi IE (dahulu bernama Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan) berdiri tahun 1985, merupakan media untuk menjalin komunikasi, sharing informasi, feedback sistem pendidikan dan pembelajaran di Prodi IE.
  13. 25-26 Nopember diadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola Koperasi Siswa SMA se Jawa Barat bertempat di Kamus II UNISBA di Ciburial, diikuti oleh 32 dari 17 SMA di Jawa Barat. Pada hari yang sama juga diadakan Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Bagi Guru-Guru Ekonomi Se-Jawa Barat, bertempat juga di Kampus II Unisba Ciburial, diikuti oleh 31 guru dari 22 SMA di Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar